Senin, 22 Agustus 2011

Hubungan 40 Tahun Perjalanan Padang Gurun dan Kehidupan Kita?

Hubungan 40 Tahun Perjalanan Padang Gurun dan Kehidupan Kita?

Do You Know

40 tahun perjalanan bangsa Israel di padang gurun merupakan sebuah kisah yang kita sebagai orang Kristen pasti sering mendengarnya. Tapi tahukan anda bahwa perjalanan bangsa Israel selama 40 tahun ini bukan hanya sebuah sejarah bangsa lain belaka melainkan ini adalah sebuah pelajaran berharga bagi kita yang hidup di zaman sekarang ini?

Normal 0 false false false EN-US KO X-NONE

Sehari setelah Paskah di tahun 1446 SM, yaitu hari ke-15 bulan pertama, ketika orang-orang Mesir sedang berkabung dalam kesedihan menguburkan anak-anak sulung mereka, umat Israel berjalan keluar dari Mesir dengan "tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir" (Bil 33:3).

Setelah Eksodus dengan kuasa besar dari Allah, 40 tahun di padang gurun merupakan masa hukuman atas dosa Israel yang bersungut-sungut melawan Allah dan ketidaktaatan menolak untuk masuk ke Kanaan karena mereka tidak percaya pada kemampuan yang besar dari Allah. Lebih lagi, 40 tahun tersebut merupakan masa pendisiplinan supaya mereka hidup layak sebagai umat Allah ketika umat Israel menaklukkan Kanaan.

Sepanjang 40 tahun, umat Israel terus-menerus membantah Allah, tidak berhenti bersungut-sungut, mendukakan dan menyusahkan hati-Nya dengan mengkhianati kasih karunia-Nya (Ul 9:7, 24; Mzm 78:40-41, 95:10). Namun, Allah menunjukkan kasih sayang dan belas kasihan yang tak terbatas, walaupun dalam amarah-Nya yang dahsyat. Dia menggendong mereka sepanjang jalan seperti seseorang menggendong anaknya dan memimpin mereka menuju tanah Kanaan (Ul 1:31) sebab Allah ingat pada firman janji-Nya yang kudus dengan Abraham (Mzm 105:42). Empat puluh tahun perjalanan umat Israel di padang gurun merupakan peringatan dan contoh yang sejati (1Kor 10:1-11) bagi perjalanan iman orang-orang kudus hari ini dalam sidang jemaah di padang gurun (Kis 7:38).

Hal. 185 Buku Pertemuan Yang Terlupakan

Referensi:

Buku Seri Sejarah Penebusan 2: Pertemuan Yang Terlupakan. Park, Abraham, D.Min, DD.

Tidak ada komentar: