Senin, 22 Agustus 2011

Apa Rahasia Ketaatan Ishak dan Kesadaran Yakub atas Hak kesulungan?

Apa Rahasia Ketaatan Ishak dan Kesadaran Yakub atas Hak kesulungan?

Do You Know

Ibrani 11:9 mengatakan, "Karena iman ia diam di tanah yang dijanjikan itu seolah-olah di suatu tempat asing dan di situ ia tinggal di kemah dengan Ishak dan Yakub, yang turut menjadi ahli waris janji yang satu itu." Apakah pekerjaan utama Abraham ketika tinggal di kemah? Pekerjaan utamanya adalah mewariskan iman kepada keturunan-keturunannya. Menurut Kejadian 18:18-19, hal ini merupakan tujuan pemanggilan Abraham dan dia sepenuhnya menaati panggilan-Nya.

Normal 0 false false false EN-US KO X-NONE

Hasilnya, Ishak, anak laki-laki Abraham, menjadi buah iman. Buah iman ini terbukti dalam ketaatan Ishak (Kej 22:9) ketika Allah memerintahkan Abraham untuk mempersembahkannya, satu-satunya anak perjanjian yang dilahirkan bagi Abraham pada usia 100 tahun, sebagai korban bakaran (Kej 22:1-2).

Selama sekitar 15 tahun hidup bersama Yakub, Abraham juga mungkin mewariskan imannya kepada Yakub. Kemungkinan Abraham mendidik Yakub, cucunya, tentang panggilan Allah di Ur-Kasdim, persinggahannya yang berlarut-larut di Haran, keberangkatannya dari Haran menuju Kanaan, semua pekerjaan Allah yang menakjubkan yang terjadi selama 100 tahun setelah ia meninggalkan Haran pada usia 75 tahun, dan fakta bahwa janji Allah mengenai tanah dan keturunannya akan digenapi. Bukan hanya melalui perkataannya, tetapi peajaran itu mungkin diukir sangat dalam melalui iman yang direfleksikan di dalam kehidupannya.

Tiga generasi yaitu Abraham, Ishak, dan Yakub telah menjadi satu dalam iman. Allah sekarang disebut sebagai Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub, dan penyelenggaraan penebusan yang mengagumkan dari Allah mulai dijalankan melalui ketiga generasi tersebut (Kel 3:6, 3:15-16; Mat 22:32; Mrk 12:26; Luk 20:37; Kis 3:13, 7:32).

Hal. 204-205 Buku Silsilah Di Kitab Kejadian

Referensi:

Buku Seri Sejarah Penebusan 1: Silsilah Di Kitab Kejadian. Park, Abraham, D.Min, DD.

Tidak ada komentar: