Jumat, 08 April 2011

Konstruksi rumah Pada Zaman Yesus



Berikut ini, rumah dan fungsi rumah pada Zaman Yesus. Bagaimana kondisi rumah dan penghuni Rumah juga kondisi rumah itu sendiri yang mendukung aktivitas penghuninya.



Lantai Rumah
Rumah pada Pada zaman disesain dengan lantai Utama diikuti dengan ruangan lain berupa kamar dibelakangnya. Rumah model ini (ruangan kecil) sangat jauh dari standar modern sekarang dengan banyak jendela. Rumah zaman dahulu dengan ruangan berukuran kecil dan umumnya tanpa jendela.

Ruangan terbuat dari ranting atau jerami yang dicampur dengan tanah liat yang dihaluskan dengan penghalus batu.

Atap dan halaman
Tangga kayu digunakan untukmenjakau bangunan atap atau lantai berikut dari bangunan tersebut.
Ruangan didalam sangat kecil dan gelap sehingga halaman dan atapmenjadi tempat yang sangat penting dari rumah, digunakan sebagai tempat menjemur berbagai bahan panen dan juga mempersiapkan makanan. Atap rumah juga dapat digunakan untuk tidur selain untuk mengeringkan bahan makanan dan menjemur bahan tekstil lihat Yosua 2:6
Tetapi perempuan itu telah menyuruh keduanya naik ke sotoh rumah dan menyembunyikan mereka di bawah timbunan batang rami, yang ditebarkan di atas sotoh itu.

Pada awalnya, bangsa yahudi memperkenalkan penggunaan kolam yang munkin dibangun diatap rumah seperti pada masa pemerintahan Raja daud dalam 2 samuel 11:2-4, ketika Daud sedang berjalan-jalan diatas rumahnya dan melihat seorang perempuan berparas Elok sedang mandi. Jadi mungkin saja daud sedang melihat perempuan yang sedang mandi diatap rumahnya perempuan itu dikenal dengan nama Batsyeba.

2 Samuel 11:2-4
11:2Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh istana, tampak kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan sedang mandi; perempuan itu sangat elok rupanya.
11:3Lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu dan orang berkata: "Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu."
11:4Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya. Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.

Sedangkan halaman pada masa abad ke 1 :
Kolam/Kendi untuk menampung air yang digunakan untuk membersihkan dan berbagai macam ritual lainnya baik Pria maupun wanita.
Tungku untuk memasak dari batu dan juga ofen
Batu atau tanah liat yang digunakan untuk menggiling
Area tertutup untuk bekerja dan berbicara
Kandang dalam keadaan tertutup, manusia hidup satu rumah degan Hewan peliharaaan nya.
Untuk area luar rumah adalah tujuannya saling bersosialisasi dan beraktivitas dengan tetangga atau warga lain.

Dekorasi dan Furnitur
Dengan dinding sebelah dalam telah selesai dibangun dengan tanah liat halus atau semacam plester halus pada dinding, kemudian dinding rumah bisa dihias dengan lukisan, biasanya menjadi lebih rumit dekorasinya untuk kalangan berada atau orang kaya, sedangkan hiasan sederhana untuk rakyat biasa. Bangku lebar dari bata atau batu untuk duduk dan juga tidur juga rak untuk penyimpanan biasanya sudah tersedia pada rumah di zaman ini




Dengan standar Modern, Inilah Rumah kuno Di palestina dengan segala perabotannya ini, Dengan duduk dilantai pada saat makan dibanding duduk pada kursi dan meja untuk makan. Tidur pada tikar berlapus yang dibagian bawahnya sudah di isi jerami atau dalamnya di isi dengan jerami. Meja, Sofa dan Tempat tidur hanya digunakan untuk kalangan Raja atau orang kaya.

Yusuf dari Nazareth atau orang tua Yesus yang seorang Tukang kayu pasti telah membangun rumah model ini, untukkehidupan Yesus dan adik-adik-Nya, untuk desa kecilmacam Nazareth tidak terdapat banyak furniture.





Sumber Text Book:
http://artikel-kristenjhony.blogspot.com/

Tidak ada komentar: