Kamis, 07 April 2011

DALAM ROH ANDA

Yohanes 16:4b-15; Amsal 20:27

“………Roh Kebenaran…… akan memberitakan [menunjukkan] kepadamu hal-hal yang akan datang” (Yohanes 16:13).

Kata "memberitakan" atau "menunjukkan" dalam bahasa Yunani adalah anaggello artinya "menyatakan” atau “mengumumkan." Salah satu pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan pemercaya adalah memberitakan hal-hal yang akan datang. Ya, Roh Kudus siap untuk memberitakan masa depan [rencana Allah bagi] Anda. Dia tahu apa yang akan terjadi dengan pekerjaan Anda. Dia tahu apa yang akan terjadi dengan pernikahan dan pelayanan Anda. Sebab Dia adalah Allah Maha-Tahu.

Di mana Anda bisa mendapatkan informasi tentang masa depan pelayanan, pekerjaan, pernikahan dan kehidupan Anda? Di dalam roh Anda! Mengapa? Sebab Roh Kudus yang memberitakan hal-hal yang akan datang tinggal di dalam roh Anda yang baru. Kita tahu bahwa Allah berkomunikasi dengan kita bukan dengan jiwa atau tubuh Anda tetapi dengan roh kita yang baru. "Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya" (Ams. 20:27). "Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah" (Rm. 8:16).

Karena informasi tentang masa depan Anda telah Allah sampaikan melalui roh atau hati Anda yang baru, maka tugas Anda adalah mendengar dan peka terhadap pimpinan dan suara Roh Kudus yang ada di dalam roh Anda. Bagaimana supaya kita bisa peka terhadap suara Roh Kudus sehingga kita bisa mengerti rencana Allah? Berdoa di dalam roh! Maksudnya berdoa dalam bahasa roh? Ya!

Dengan berdoa dalam bahasa roh secara pribadi, Anda mendapatkan dua hal penting:

pertama, pikiran Anda akan tenang sehingga Anda bisa dengan jelas mendengarkan apa yang dikatakan Roh Kudus di dalam roh Anda;

kedua, saat Anda berdoa dalam bahasa roh sebenarnya Anda sedang berkata-kata tentang masa depan atau rencana Allah atas hidup Anda kepada Bapa agar Dia mewujudkannya. Atau berdoa dalam bahasa roh juga berarti Anda sedang mempersiapkan masa depan Anda menjadi kenyataan. Sebab Roh Kudus yang Maha-Tahu itulah yang memberikan perkataan-perkataan tersebut. Haleluya!

Jangan lagi takut dengan masa depan Anda. Allah sudah merencanakan masa depan yang penuh dengan harapan. Dia telah siap untuk mewujudkannya. Oleh sebab itu adakan waktu untuk menyendiri dengan Roh Kudus. Dengarkanlah apa yang dikatakan-Nya di dalam roh Anda. Sekali Anda mengetahui rencana Allah, kehidupan Anda pasti akan lebih bergairah dan menyala-nyala.

Renungan

Berjalanlah bersama dengan Roh Kudus maka Anda akan melihat hal-hal yang datang menjadi kenyataan dalam hidup Anda. Dia adalah Roh Kebenaran. Tidak ada dusta pada-Nya.

Masa depan Anda ditentukan oleh ketaatan Anda pada suara-Nya.

Tidak ada komentar: